Makassar Dalam rangka merayakan hari sumpah pemuda, Departemen agama dan Dinas Pemuda dan Olahraga kembali menggelar Pekan Olahraga Dan Seni Se-Pesantren Daerah ( POSPEDA). Kegiatan tahunan ini melibatkan Pesantren-pesantren yang khusunya berada di Kota Makassar. Kegiatan ini Berlangsung pada sabtu-ahad (28-29/10/2017).

Pospeda kali ini bertemakan “santri kreatif, sportif, berprestasi dan menjungjung tinggi ukhuwah Islamiyah”. Dan Ponpes Darul Aman Gombara bertindak sebagai Tuan rumah dari Kegiatan ini.

Tujuan dari dilaksanakan kegiatan tahunan ini. Tak lepas dari mencari bakat dan talenta santri khususnya di bidang olahraga dan seni . serta menjalin silaturahim dan ukhuwah santri dari berbagai Pesantren kususnya di Wilayah Kota Makassar.

Dalam proses pelaksanaan lomba, terdapat 4 tempat lokasi kegiatan. diantaranya, Ponpes Darul Aman (Sepak takraw dan seni), Ponpes Ummul Mukminin (Pencak silat dan Nasyid), GOR sudiang (Athletik) dan di d’Bolana (Bulu tangkis).

Yusril Mahendra, salah satu panitia lomba menyatakan “ kegiatan ini telah memunculkan dan Mengasah bakat santri yang mempunyai talenta di bidang Olahraga dan Seni .” ujarnya.

Salah satu peserta, Muhammad Habib menuturkan “Kegiatan ini sangat positif membantu kami dalam menyalurkan bakat baik dalam seni, maupun olahraga “. Ujarnya.

Pospeda berakhir pada hari ahad siang. Adapun hasil dari lomba yang diadakan, menampilkan Ponpes Darul Aman sebagai juara 1 umum, disusul Ponpes Ummul Mukminin di posisi ke 2 dan Ponpes Al-Fakhriyah di posisi ke 3.

Penulis: Andi Rifqi Setianegara (Pecandu Aksara dan Santri Darul Aman).